Minggu, 03 Maret 2013

Bunga tercantik di Duniaaa.. WOW.:O

HEHEHEHEHHE.. *baru ngongol udah mulai ngegaje...*
eh, tau gak sih aku gak enak badan loo...
#EGP# huuuuuuuuu.. kok gitu sih readers, entar aku gak ada semngad lagi nuliss berbagi ceria bersama kalian. so, doain GET WELL SOON ke, apa ke, semoga sembuh ke... kekekekeke. wk

kepala aku pusyingggggggggggggggggggg... *emang punya pala?!* #PLAKK yaeyalahh. loo kira guee kecoaa yang bisa hidup tanpa kepala. iyuehhhhhhhhhhhh. kalo bayangin kecoaa jadi jijik. benci banget guaaa ama tuh hewan atu..
dan juga badan aku panasssssss dari ujung kepala sampe ujung kuku jari kaki, tapi yang anehnya malah berkeringat dingin dibagian telapak kaki. aneh. gak. kan barangkali panas nya turun, tertandak dari kepala menuju ke telapak kaki. bedan kalo sama cinta. kalo cinta dari mata turun ke hati.

yasudah, gak usah bahass about writer lagiii..
kaloo kaga salah kemarin guee nonton salah satu acara TV *netttttt gak boleh disebutin*ehehe entar jadi ajang promosi. xD
disanaa ditanyangan nya yg bikin akuuu, langkahku maju kedepan, tangan ku bergandengan silang *entah bagaimana* mata ku membelalak. mulut kuu membentuk lingkaran yang kayaknya aku bilang oooooooooooooooooooooo.... beautiful;), tapi tidak dengan hidung ku. ia tetap seperti biasa ditempatnyaa, tanpa beranjak sedkitpun, tanpa kembang kempis, tanpa berubah jadi mancung. wwk #yaeyalah.

disana lagi ngomongin sebuah bunga. eh, bukan hanya sebuah tapi beberapa, eh banyak deh maksudnyaa. bunga ini bukan hanyaa sekedar bunga or sekuntum bungaa atau malah bunga bank. hahah gak. gak. bungaa ini adalah nominasi dari ajang penentuan THE MOST BEAUTIFUL FLOWERS IN THE WORLD. atau Bunga Tercantik Di Dunia. gak hanya cantik kayak aku *eh. tapijuga mempesona lagi-lagi kayak akuu. *gedubrakk xD. bentuknyaa, warnyanya, artistik bagiannya, dilihat dari segi pemandangannya, but sejarahnya jugaa lo. so to the wow, bunga jugaa konon ada sejaranyaaa. sejarah cinta ku jugaa ada dan terpampang nyata bahwaaa blablblablabla *cutcut. gak penting. wekkk... :P Gak usah dibahs yaa, karena sejarah cinta aku gak ada sama-sekali nyaindah seperti bunga-bunga ini. apa belum ya? tapi akan indahnyaa? apa bener kalo semuaa akan indah pada waktunyaaa?yakinn bisaa? semogaaaa ya Allah. semoga bisa seindah dan secantik bunga-mempesona dibawah ini in order to my love history. wkwkw.


hemptt....
udah mulai soreee tuh, jadi langsung aja akuuu kasih infonyaaa. gak cukup entar waktunya kalo aku banyak ngegaje or curcol akayak diatas *malu-maluin* wk. :x




check it dottt. bot bot ot:



1. BLEDING HEART ( BUNGA HATI YANG KUNCUP LALU SEMERBAK BERMEKARAN)


*masih kuncup*


Bunga berbentuk hati berwarna merah muda,Bleeding Heart namanya. Bunga yang memiliki nama latin (Dicentra spectabilis) atau disebut juga Venus' Car,Dutchman's Trousers atau bunga Lyre ditemukan oleh seorang berkebangsaan Skotlandia Robert Fotrune pada tahun 1846 di Jepang.



*ketika mekar*


Bunga Hati ini tumbuh subur di wilayah Asia Timur dan Siberia. Tapi bisa juga tumbuh di daerah lain apabila ditanam di tempat yang teduh. Bunga Hati tidak bisa terkena cuaca panas, karena media tanamnya harus memiliki kelembaban yang baik. Bleeding Heart memiliki ciri-ciri, buanganya mengatung horizontal pada batang, dalam satu tangkai akan tumbuh sekitar 3 sampai 15 bunga yang memiliki ukuran 2 sampai 5 cm. Jika kamu perhatikan, bunga ini memiliki warna luar merah muda dan warna putih di dalamnya. Perlu kamu tahu, bunga Bleeding Heart biasa tumbuh pada awal musim semi atau pertengahan musim panas. Selain warna merah muda, ada juga yang berwarna putih dan violet.


*yang warna putih*

Bunga yang berbentuk unik ini juga memiliki cerita unik, lho. Konon ceritanya, nama Bleeding Heart ini berasal dari negeri dongeng. Dongeng ini bercerita mengenai seorang pangeran yang jatuh hati pada seorang putri. Lalu sang pangeran memberikan beberapa hadiah untuk sang putri, yakni kelinci dan anting. Nah, sang putri tidak mau menerimanya. Karena kecewa sang pangeran menghunuskan pisau ke dadanya.


*pink colour*

Asal kamu tahu, Bleeding Heart yang memiliki arti hati berdarah ini bisa dikaitkan ceritanya dengan dongeng tersebut. Begini hubungannya, jika posisi bunga ini dibalik, lalu klopak merah mudanya diangkat ke atas, bunga ini akan mirip dengan telinga kelinci. Kemudian jika kelopak putih dipisahkan dari kelopak merah, bunga ini akan terlihat seperti anting. Uniknya lagi, jika ditarik benang sarinya, maka benang sari ini akan tampak seperti sebilah pisau. uwow. beautiful and intersting.


*cantiknyeeeeeeeeeeee... setangkai ketika pasca diguyur rinai hujan*

and the next:

2. CHERRY BLOSSOM ( Si cantik Sakura Japan )


*sangat cantik*

Sakura (桜, 櫻?) bersama dengan bunga seruni, merupakan bunga nasional Jepang yang mekar pada musim semi, yaitu sekitar awal April hingga akhir April.
Sakura dapat terlihat di mana-mana di Jepang, diperlihatkan dalam beraneka ragam barang-barang konsumen, termasuk kimono, alat-alat tulis, dan peralatan dapur. Bagi orang Jepang, sakura merupakan simbol penting, yang kerap kali diasosiasikan dengan perempuan, kehidupan, kematian, serta juga merupakan simbol untuk mengeksperesikan ikatan antarmanusia, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan. Sakura juga menjadi metafora untuk ciri-ciri kehidupan yang tidak kekal.


*look. terlihat seperti cherry ditengahnya*


Warna bunga tergantung pada spesiesnya, ada yang berwarna putih dengan sedikit warna merah jambu, kuning muda, merah jambu, hijau muda atau merah menyala.
Bunga digolongkan menjadi 3 jenis berdasarkan susunan daun mahkota:
bunga tunggal dengan daun mahkota selapis
bunga ganda dengan daun mahkota berlapis
bunga semi ganda
Pohon sakura berbunga setahun sekali, di pulau Honshu, kuncup bunga sakura jenis someiyoshino mulai terlihat di akhir musim dingin dan bunganya mekar di akhir bulan Maret sampai awal bulan April di saat cuaca mulai hangat.
Di Jepang, mekarnya sakura jenis someiyoshino dimulai dari Okinawa di bulan Februari, dilanjutkan di pulau Honshu bagian sebelah barat, sampai di Tokyo, Osaka, Kyoto pada sekitar akhir Maret sampai awal April, lalu bergerak sedikit demi sedikit ke utara, dan berakhir di Hokkaido di saat liburan Golden Week.
Setiap tahunnya pengamat sakura mengeluarkan peta pergerakan mekarnya bunga sakura someiyoshino dari barat ke timur lalu utara yang disebut sakurazensen. Dengan menggunakan peta sakurazensen dapat diketahui lokasi bunga sakura yang sedang mekar pada saat tertentu.


*white beauty*

Ciri khas sakura jenis someiyoshino adalah bunganya yang lebih dahulu mekar sebelum daun-daunnya mulai keluar. Puluhan, ratusan, bahkan ribuan batang pohon yang berada di lokasi yang sama, bunganya mulai mekar secara serentak dan rontok satu per satu pada saat yang hampir bersamaan.
Bunga sakura jenis someiyoshino hanya dapat bertahan kurang lebih 7 sampai 10 hari dihitung mulai dari kuncup bunga terbuka hingga bunga mulai rontok. Rontoknya bunga sakura tergantung pada keadaan cuaca dan sering dipercepat oleh hujan lebat dan angin kencang. Beberapa jenis burung dikenal suka memakan bagian bunga yang berasa manis, sedangkan burung merpati memakan seluruh bagian bunga.
Kesempatan langka piknik beramai-ramai di bawah pohon sakura untuk menikmati mekarnya bunga sakura disebut hanami (ohanami). Saat melakukan hanami adalah ketika semua pohon sakura yang ada di suatu tempat bunganya sudah mekar semua.
Di Jepang terdapat standar untuk menyampaikan informasi tingkat mekar bunga sakura, mulai dari terbukanya kuncup bunga (kaika), mekarnya 10% dari kuncup bunga yang ada di pohon (ichibuzaki) sampai bunga mekar seluruhnya (mankai). Bunga yang rontok segera digantikan dengan keluarnya daun-daun muda. Pohon sakura yang bunganya mulai rontok dan mulai tumbuh daun-daun muda sebanyak 10% disebut ichibu hazakura. Sementara itu, pohon sakura yang semua bunga sudah rontok dan hanya mempunyai daun-daun muda disebut hazakura (sakura daun).
Bunga dari pohon jenis yamazakura mekar lebih lambat dibandingkan jenis someiyoshino dan bunganya mekar bersamaan dengan keluarnya daun-daun muda.


*nice view*

Sebagian besar jenis pohon sakura merupakan hasil persilangan, misalnya jenis someiyoshino yang tersebar di seluruh Jepang sejak zaman Meiji adalah hasil persilangan pohon sakura di zaman Edo akhir. Sakura jenis someiyoshino inilah yang sangat tersebar luas, sehingga kebanyakan orang hanya mengenal someiyoshino (yang merupakan salah satu jenis sakura) sebagai sakura.
Pada zaman dulu sebelum ada jenis someiyoshino, orang Jepang mengenal bunga sakura yang mekar di pegunungan yang disebut yamazakura dan yaezaki no sakura sebagai sakura. Di saat mekarnya bunga sakura, ribuan batang pohon Yamazakura yang tumbuh di Pegunungan Yoshino (Prefektur Nara) menciptakan pemandangan menakjubkan warna putih, hijau muda, dan merah jambu.
Beberapa jenis sakura:
Edohigan
Edohigan adalah sakura yang mekar di Hari Ekuinoks Musim Semi dan bunganya paling panjang umur. Jenis-jenis lain yang serupa dengan edohigan adalah ishiwarizakura dan yamadakashinyozakura yang termasuk pohon sakura yang dilindungi. Miharutakizakura adalah salah satu jenis edohigan yang rantingnya menjuntai-juntai, sedangkan yaebenishidare dikenal daun bunganya yang banyak dan warnanya yang cerah.
Hikanzakura
Hikanzakura atau disebut juga kanhizakura adalah sakura yang tersebar mulai dari wilayah Tiongkok bagian selatan sampai ke Pulau Formosa. Kanhizakura banyak ditemukan tumbuh liar di Prefektur Okinawa. Bagi orang Okinawa, kata "sakura" sering berarti hikansakura. Pengumuman mekarnya bunga sakura di Okinawa biasanya berarti mekarnya hikanzakura. Di Okinawa, kuncup bunga hikanzakura mulai terbuka sekitar bulan Januari atau Februari. Di Pulau Honshu, hikanzakura banyak ditanam mulai dari wilayah Kanto sampai ke Kyushu dan biasanya mulai mekar sekitar bulan Februari atau Maret.
Shidarezakura


*look dahannya*


Bunga sakura jenis shidare (Shidarezakura)
Fuyuzakura
Fuyuzakura (sakura musim dingin) adalah jenis pohon sakura yang bunganya mekar sekitar bulan November sampai akhir bulan Desember. Onishimachi di Prefektur Gunma adalah tempat melihat fuyuzakura yang terkenal.


3. TULIP ( kuncup mempesona, mekar lebih mempesona )




Tulip (Tulipa) merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae. Tulip berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan. Negeri Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip. Tulip juga merupakan bunga nasional Iran dan Turki.
Tulip merupakan tumbuhan tahunan berumbi yang tingginya antara 10-70 cm, daunnya berlilin, berbentuk sempit memanjang berwarna hijau nuansa kebiru-biruan, dan bunganya berukuran besar terdiri 6 helai daun mahkota. Tulip hasil persilangan menghasilkan bunga berwarna tunggal, merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, atau berbagai macam kombinasi dan gradasi warna. Tulip menghasilkan biji-biji berbentuk bundar pipih yang dibungkus kapsul kering.
Seperti halnya bunga mawar, lili, anggrek dan peony, tulip adalah tanaman bunga yang paling banyak dibudidayakan manusi



Beberapa spesies

Tulipa acuminata
Tulipa agenensis
Tulipa armena
Tulipa aucheriana
Tulipa batalinii
Tulipa bakeri
Tulipa biflora
Tulipa borszczowii
Tulipa butkovii
Tulipa carinata
Tulipa celsiana
Tulipa clusiana
Tulipa cretica
Tulipa cypria
Tulipa dasystemon
Tulipa didieri
Tulipa dubia
Tulipa edulis
Tulipa ferganica
Tulipa gesneriana
Tulipa goulimyi
Tulipa greigii
Tulipa grengiolensis
Tulipa heterophylla
Tulipa hoogiana
Tulipa humilis
Tulipa iliensis
Tulipa ingens
Tulipa julia
Tulipa kaufmanniana
Tulipa kolpakowskiana
Tulipa kurdica
Tulipa kuschkensis
Tulipa lanata
Tulipa lehmanniana
Tulipa linifolia
Tulipa marjolettii
Tulipa mauritania
Tulipa micheliana
Tulipa montana
Tulipa orphanidea
Tulipa ostrowskiana
Tulipa platystigma
Tulipa polychroma
Tulipa praecox
Tulipa praestans
Tulipa primulina
Tulipa pulchella
Tulipa retroflexa
Tulipa saxatilis
Tulipa sharonensis
Tulipa sprengeri
Tulipa stapfii
Tulipa subpraestans
Tulipa sylvestris
Tulipa systola
Tulipa tarda
Tulipa tetraphylla
Tulipa tschimganica
Tulipa tubergeniana
Tulipa turkestanica
Tulipa undulatifolia
Tulipa urumiensis
Tulipa urumoffii
Tulipa violacea
Tulipa whittalli



Sejarah

Pada mulanya bunga tulip tumbuh liar di kawasan Asia Tengah dan Asia Barat. Kerajaan Ottoman Turki terpikat pada keindahan dan kesempurnaan bunga tulip dan mulai membudidayakan bunga tulip sejak tahun 1000. Motif-motif bunga tulip sudah sejak lama banyak dipakai dalam seni ornamen Persia dan Turki. Nama yang diberikan orang Eropa untuk tulip berasal dari bahasa Persia untuk sorban (bahasa Persia: دلبنت, dulband) karena bunga tulip ketika belum mekar sepenuhnya bentuknya terlihat seperti sorban.
Jenis-jenis tulip yang sudah dikenal sejak zaman dulu mempunyai motif garis-garis, "coretan kuas," atau "jilatan api" atau mempunyai warna lain pada bagian-bagian tertentu daun bunga, sedangkan jenis-jenis yang lebih baru mempunyai pola aneka warna pada daun bunga. Sentuhan warna lain pada warna dasar bunga tulip disebabkan perubahan pigmen di bagian atas dan bagian bawah bunga.
Infeksi virus mosaik yang dibawa serangga sejenis kutu menyebabkan terjadinya jenis tulip langka dengan motif indah seperti coretan kuas yang diburu orang Belanda sewaktu demam bunga Tulip mania. Virus mosaik menyebabkan tanaman tulip menderita dan mati perlahan-lahan, walaupun bunga yang dihasilkan menjadi sangat indah. Sekarang ini, virus mosaik dapat dikatakan sudah hampir musnah dari ladang-ladang bunga tulip.
Di Kerajaan Ottoman dan Belanda, tingginya permintaan atas tulip yang tidak diimbangi pasokan yang cukup menimbulkan fenomena yang disebut Tulip mania. Permainan harga tulip oleh para spekulan juga menjadi salah satu sebab kemunduran ekonomi Kesultanan Ottoman.
Belanda setiap tahunnya mengirimkan bunga tulip untuk ditanam di kota Ottawa sebagai ucapan terima kasih kepada Kanada yang membebaskan Belanda dari Nazi Jerman dan sewaktu zaman pendudukan bermurah hati menyediakan tempat bermukim Ratu Juliana yang pada waktu itu masih puteri mahkota.




okey.okey. setelah membahs yang cantik-cantik. jadi meras tambah cantik *ambil kacaaa* wkwkw *abaikan*. sekian. pupye. :*








Tidak ada komentar: